Sejarah Singkat Simpatisan United

Kami akan mencoba membahas mengenai terbentuknya Simpatisan United, sebuah fans base atau komunitas Manchester United yang sudah berdiri selama 4 tahun lebih.

Awalnya, mungkin banyak dari anda semua para penggemar Setan Merah yang belum mengenal komunitas yang satu ini. Ini adalah sebuah komunitas atau fans base baru, yang berbeda dari komunitas atau fans base United lain yang sudah ada di Indonesia sebelumnya seperti IndoManutd, United Indonesia dan United Army.

Berawal dari sebuah percakapan iseng antara tiga orang sahabat bernama Praha Charavella, Issanda Abel dan Faizal Reza, mereka kemudian mulai berpikir untuk ikut membuat Simpatisan United, pada 7 September 2011. Bahkan, awalnya sama sekali tidak memiliki rencana untuk mengadakan Nobar (Nonton Bareng).

“Awalnya kami memang cuma iseng aja, sama sekali tidak ada niatan untuk membuat nobar. Bahkan, kami tidak berniat untuk mengadakan nobar sendiri dan cuma mau ikut nobar sama fans base lain. Namun, teman-teman meminta untuk mengadakan nobar, gratis tanpa pungut bayaran sepeser pun” demikian cerita Faisal atau Ichan.

Para pengurus Simpatisan United lalu sepakat untuk mengadakan nobar. Pertandingan nobar pertama Simpatisan United adalah ketika melawan Bolton Wonderes pada musim 2011/2012. Saat itu, hanya ada sekitar 11 orang saja yang mengikuti acara nobar di restoran KFC Pondok Indah tersebut.

Kendati demikian, para pengurus Simpatisan United sama sekali tidak menyerah begitu saja. Bahkan, mereka secara rutin tetap mengadakan acara nobar baik pas malam atau dini hari seperti pertandingan Liga Champions. Nama Simpatisan United mulai harum ketika Setan Merah menghadapi Chelsea.

Tanpa diduga, banyak sekali para penggemar United yang memadati rumah makan tersebut. Hati semakin senang, karena pada saat itu Wayne Rooney dkk berhasil meraih kemenangan dengan skor 3-1 dalam lanjutan Premier League. Awal berdirinya Simpatisan United bukan tanpa masalah.

Di awal tahun berdirinya Simpatisan United, beberapa fanbase United di Jakarta dan Depok mengundang kami untuk nonton bareng. Kami sangat senang dengan undangan tersebut dan ingin membuktikan kalau kami independent dan neutral. “Kami ini hanya ingin membuktikan kalau kami fans base netral dan tidak memilih-milih dalam berteman,” tegas Abel

Banyak dari teman-teman yang suka mengikuti nobar bersama kami bertanya bagaimana cara membuat member Simpatisan United?. “Kami tidak ada membership. Kami juga menerima kalau ada fans base United lain yang mau gabung. Jadi, cukup datang ke acara nobar kami, sapa dan senyum. Untuk info nobar, silahkan follow Twitter kami @SimpatisanUtd,” tandas Praha.

Jadi, kami ada untuk mendukung United. United we Stand.

Simpatisan United WAGs

Simpatisan United WAGs (Wives and Girlfriend) adalah kumpulan para cewe-cewe kece dan sexy dari Simpatisan United. Kegiatan SU WAGs hampir sama dengan kegiatan rutin kami seperti Nobar, Social Event, hanya saja untuk Fun Futsal diganti dengan arisan yang diadakan setiap satu bulan sekali. Mau gabung dengan SU WAGs?. “Syaratnya gampang, asal wanita dan suka MU, dia bisa gabung.” tegas Gita (Koordinator SU WAGs).

Kegiatan Simpatisan United:

Nonton Bareng Manchester United

Setiap pertandingan Manchester United, kami selalu mengadakan event nonton bareng pertandingan Manchester United yang tersebar di seluruh basis/regional Simpatisan United. Simpatisan United juga sering membuat event bersama supporter/fanbase selain Manchester United biar makin “GREGET”. Jangan sungkan dan jangan malu untuk gabung nonton bareng pertandingan Manchester United sama kami, karena setiap event kami terbuka untuk seluruh fans Manchester United.

Fun Futsal

Hampir setiap dua minggu sekali, teman-teman Simpatisan United mengadakan Fun Futsal yang tersebar di masing-masing basis/regional Simpatisan United. Event Fun Futsal yang kami adakan terbuka untuk seluruh fans Manchester United. So, jangan sungkan dan malu untuk futsalan bareng Simpatisan United ya.

Social Event

Simpatisan United tidak hanya sebatas Nobar dan Futsal saja, kami juga tidak ragu turun ke masyarakat untuk membantu sesama apabila ada yang terkena musibah. Karena sebagai manusia yang berakal sehat, kita diwajibkan untuk saling menolong apabila ada yang membutuhkan pertolongan. Seru kan?. Jangan pernah ragu dan malu untuk melakukan aksi social bersama kami.

Nongkrong (HangOut)

Teman-teman Simpatisan United hampir setiap hari jumat selalu “Nongkrong” di daerah Pondok Indah Jakarta Selatan. Disana kita dapat saling mengenal antara satu sama lain, berdiskusi, bercanda gurau, dan lain hal yang dapat membuat kita akrab satu sama lain. Nongkrong bareng kami terbuka untuk seluruh fans Manchester United kok. Jadi, ga usah ragu untuk nongkrong bareng kami. Hati-hati ketagihan nongkrongnya hehe.

Struktur Organisasi

1. Ketua Umum : M. Praha Charavella, S.H

2. Wakil Ketua Umum : Ananda Raihan Afnan, S.Sos

3. Sekretaris : Dwi Jayanti Agustina

4. Bendahara : Zulfa Anankara

5. Multimedia :

  • Syarief Hidayatullah S.Kom
  • Dendy KP
  • Satrio Tri Utomo
  • Fransescha Sylvia

6. Penelitian dan Pengembangan Organisasi :

  • Gendrio Abdalla
  • M. Alfaris
  • Rudolf Giuliani

7. Event :

  • Deri Ramadhan
  • Sonny Sapta P

8. Merchandise : Erwin Noviansyah

9. Sponsorship :

  • Gandhi Pratiwi
  • Marissa Widowati

10. Design : Angga Pratama

11. WAGs : Gita Adeliana Atmadja S.H

Ketentuan Pembentukan Basis/Regional Simpatisan United